Minggu, 18 Desember 2016

Apa Itu Pankreatitis ?

20.12

Apa Itu Pankreatitis ? pangkreatitis adalah sebuah peradangan atau inflamasi yang terjadi pada pankreas. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa pankreatitis ada dua macam, yaitu pankreatitis akut dan pankreatitis akut. Pankreatitis akut merupakan peradangan pada pankreas yang berlangsung dalam waktu yang cepat, inflamasi biasanya terjadi dalam beberapa hari saja. Pankreatitis akut bisa hilang dan tidak meninggalkan kerusakan permanen. Pankreatitis kronis merupakan peradangan pada pankreas yang berlangsung cukup lama atau persisten.

Pankreatitis terbagi dalam dua kelompok, yaitu pankreatitis akut dan pankreatitis kronis.
 
  • Pankreatitis akut adalah radang pancreas, suatu keadaan dimana terjadinya kerusakan pankreas oleh enzim-enzim tertentu secara mendadak dan menyeluruh. Penyakit ini juga seringkali dikaitkan dengan konsumsi alkohol dalam jumlah besar.  Jumlah alkohol perhari yang dikonsumsi penderita radang pankreas akut berkisar 150 gram. Bahkan, sebuah penelitian melaporkan pankreaatotis bisa terjadi pada pemakaian alkohol rata-rata perhari 50 gram dan diperkirakan pemakaian 4-7 tahun.
  • Pankreatitis kronis, suatu keadaan dimana terjadinya suatu proses destruktif peradangan pankreas, yang sering ditandai dengan pankreatitis tipe ringan, atau subklinis kambuh, berulang, dan terus berlangsung. Penyakit ini terjadi pada pasien yang sama dengan pasien pankreatitis akut, khususnya kepada pecandu alkohol dan penderita gangguan empedu. Penyebab penyakit ini belum pasti.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.